Minggu, 03 Oktober 2021

Pengajaran Berbasis Pemecahan Masalah




Kita hanya berpikir saat kita dihadapkan dengan masalah. John Dewey . 
Lebih dari dua dekade sejak dipublikasikannya dokumen asli standar NCTM (NCTM, 1989), kelanjutan bukti tersebut meningkat bahwa pemecahan masalah itu sangat berkuasa dan berguna sebagai sarana pembelajaran. Seperti keadaam Prinsip dan Standart (NCTM, 2000). Menyelesaikan permasalahan itu bukan hanya sebagai tujuan belajar matematika tetapi juga sebagai tujuan utama untuk melakukan sesuatu...Menyelesaikan masalah adalah bagian untuh dari pembelajaran matematika, dan tidak seharusnya tidak terbatasi oleh bagian program matematika.Pemecahan masalah dalam matematika meliputi lima aspek area yang dideskripsikan oleh Standart.... Masalah yang baik akan menggabungkan beberapa topik dan menyangkut masalah matematika yang signifikan. 

Di publikasi klasik tentang tipe-tipe pebelajaran yang terkait dengan pemecahan masalah, Schroeder dan Lester (1989) mengidentifikasi tiga tipe pendekatan dalam pemecahan masalah:

  1. Pengajaran untuk memecahkan masalah. Pembelajaran dimulai dengan mempelajari konsep abstrak dan menyelesaikan masalah dengan kemampuannya masinh-masing.
  2. Pengajaran tentang pemecahan masalah. Pendekatan kedua ini melibatkan pengajaran bagaimana siswa menyelesaikan masalah, yang bisa termasuk dalam proses pengajaran (mengerti, menyusun strategi, implementasi, dan melihat teori kebelakang) atau strategiuntuk memecahkan masalah. Contoh dari strategi itu sendiri ialah ‘menggambarkan sebuah gambar’ dimana siswa menggunakan gambar atau diagram untuk membantu menyelesaikan masalah. Lihat “Pengajaran tentang Pemecahan Masalah” di bagian ini.
  3. Pengajaran melalui pemecahan masalah. Secara umum berarti melibatkan siswa belajar matematika melalui konteks nyata, situas, dan model. Konteks dan model membiarkan siswa membangun pemahaman terhadap konsep jadi mereka dapat mengubah konsep yang abstrak. Pengajaran melalui pemecahan masalah dapat dideskripsikan sebagai kemunduran dari pengajaran untuk menyelesaikan masalah-dengan masalah yang ditampilkan diawal pelajaran dan kemampuan yang muncul dari mengerjakan suatu permasalahan. 

0 Comments:

Posting Komentar